5 Tanda Ini Bisa Jadi Pertanda Kalau Kehamilanmu Berbahaya. Buruan Cek Ya!

FemaleRunway.com – 5 Tanda Ini Bisa Jadi Pertanda Kalau Kehamilanmu Berbahaya. Buruan Cek Ya!

Kehamilan merupakan sebuah proses yang sangat membahagiakan bagi setiap ibu dan ayah sebagai calon orangtua. Apalagi bila pasangan tersebut baru saja menikah dan mendambakan keturunan dengan segera. Gejolak kebahagiaan pun tak bisa terelakkan lagi begitu melihat dua garis merah di testpack. Namun, perlu diketahui bahwa ibu hamil sangatlah rentan terhadap banyak resiko. Untuk itulah bagi kamu yang sedang hamil, sebaiknya berhati-hati dalam menjaga kehamilan mengingat riskannya faktor resiko yang harus dihadapi setiap wanita hamil.



Perubahan hormon, berat badan yang kian bertambah dari hari ke hari, serta adanya pertumbuhan bayi di dalam kandungan membuat resiko yang dihadapi ibu hamil makin besar. Meskipun ada beberapa tanda kehamilan yang wajar terjadi pada ibu hamil, namun beberapa tanda lainnya justru mensinyalir adanya ketidakberesan terhadap kehamilan. Berikut ini adalah beberapa tanda yang terjadi jika kehamilanmu bermasalah. Hati-hati dan segera periksakan ke dokter ya!

1. Mual Muntah di Trimester Pertama Memang Wajar, Namun Jika Terjadi Terus Menerus Kamu Harus Waspada

Wajar memang jika ibu hamil mengalami mual dan muntah di awal masa kehamilan. Ini merupakan tanda jika hormon kehamilan bekerja dengan baik. Namun, jika dirasa mual dan muntah tersebut berlebihan, sebaiknya kamu tidak menyepelekannya. Mual dan muntah dalam kondisi normal saja bisa mengakibatkan dehidrasi jika tidak segera ditangani, lho. Hal ini tentu saja berbahaya jika dibiarkan saja. Apalagi, semasa kehamilan, sang ibu membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan janin. Oleh karena itu, jika mual dan muntah yang kamu alami dirasa berlebihan, jangan ragu untuk meminta bantuan tenaga medis.

2. Waspada Jika terjadi Pembengkakan Di Salah Satu Sisi Tubuh Saja

Edema atau pembengkakan pada tubuh merupakan hal yang wajar terjadi pada ibu hamil. Pembengkakan terjadi karena ukuran bayi dalam perut terus membesar yang membuat badanmu juga bertambah besar. Namun, sebaiknya kamu waspada jika pembengkakan hanya terjadi pada satu bagian tubuh saja. Ini bisa jadi pertanda pembekuan darah yang bisa membahayakan ibu dan janin, lho. Terlebih jika ada protein dalam urin serta tekanan darah yang tinggi yang mengindikasikan adanya preeklampsia atau keracunan pada kehamilan. Jika kamu merasakan gejala seperti ini, kamu perlu waspada betul ya. Jangan ragu untuk segera cek ke dokter!

3. Janin Kurang Aktif Bergerak Di Dalam Perut

Ada kalanya sang janin bergerak beberapa kali dalam suatu waktu. Ini adalah hal yang wajar. Namun, perlu diketahui, apabila dalam waktu dua jam janin belum bergerak selama 10 kali, kamu perlu waspada ya! Biasanya, pergerakan janin bayi ini terjadi pada trimester tiga kehamilan saat janin seharusnya sudah aktif bergerak. Kamu sebaiknya segera konsultasi ke dokter kandungan jika kejanggalan ini terjadi agar kemungkinan buruk bisa teratasi segera.

4. Nyeri Saat Buang Air Kecil Yang Mengindikasikan Adanya Infeksi

Ibu hamil sangat rentan terkena infeksi saluran kencing. Maka, kamu perlu waspada jika seringkali merasa nyeri saat buang air. Memang sebenarnya, nyeri atau tekanan pada saat buang air ini wajar dialami ibu hamil karena adanya tekanan pada rahim. Namun, daripada hanya menduga-duga untuk memastikan apakah nyeri tersebut memang normal atau merupakan indikasi infeksi, sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan informasi yang lebih akurat ya!

5. Hati-hati Jika Terjadi Pendarahan Dalam Jumlah Yang Banyak Selama Kehamilan

Satu lagi yang perlu diwaspadai saat hamil adalah adanya resiko pendarahan dalam jumlah banyak selama kehamilan. Ini bisa jadi merupakan pertanda keguguran yang tentu berbahaya bagi ibu dan janin. Agar masalah ini cepat diatasi dan tidak menjadi hal yang berbahaya bagi sang ibu, maka apabila saat hamil terjadi pendarahan, segera cek ke dokter kandungan ya!



Itu dia beberapa tanda bahaya yang menunjukkan bahwa kehamilanmu berbahaya. Mulai sekarang, yuk segera waspadai jika hal tersebut terjadi dan berhati-hatilah selama masa kehamilan ya!

Punya tips khusus soal kehamilan? Yuk share di kolom komentar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *