7 Cara Mempersiapkan Pernikahan Minim Budget Tanpa Wedding Organizer

 FemaleRunway.com – 7 Cara Mempersiapkan Pernikahan Minim Budget Tanpa Wedding Organizer

Persiapan pernikahan menjadi salah satu aktivitas yang menyita sangat banyak waktu, tenaga, dan pastinya biaya. Tidak jarang ada banyak pasangan yang terpaksa menunda rencananya menikah karena keterbatasan biaya. Namun, sebenarnya pernikahan bisa diatur dengan baik agar bisa sesuai dengan kemampuan budget yang kita miliki. Yakni dengan cara mempersiapkan pernikahan sendiri sehingga kita bisa memangkas pengeluaran yang tidak diperlukan.



Salah satu jenis pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan adalah biaya persiapan pernikahan yang melibatkan wedding organizer. Memang, wedding organizer bisa menjadi cara mempersiapkan pernikahan mudah dan tidak merepotkan. Tapi, ini bukanlah cara mempersiapkan pernikahan dengan budget minim. Sebaiknya, mulailah dengan melupakan ide menggunakan wedding organizer. Penasaran bagaimana cara mempersiapkan pernikahan minim budget tanpa wedding organizer? Yuk cek ulasannya!

1. Tuliskan Berapa Budget Kamu Untuk Pernikahan Impian Ini

Agar cara mempersiapkan pernikahan sendiri berjalan dengan baik, cobalah kamu mulai dengan cara mengetahui berapa budget yang tersedia untuk acara pernikahan ini. Jika kamu hanya memiliki budget yang minim, mau tak mau kamu harus memilih cara mempersiapkan pernikahan dengan budget minim agar resepsi pernikahan tetap bisa dilangsungkan. Dengan mengetahui berapa budget yang dimiliki sejak awal, membuat kamu akan lebih berhati-hati dalam memilih setiap kebutuhan pernikahan dan menjaga biaya agar tidak melebihi budget yang disediakan.

2. Pilih Tema Pernikahan Yang Bisa Dibiayai Dengan Budget Kamu

Setelah mengetahui budget, maka cara mempersiapkan pernikahan tanpa WO berikutnya adalah menentukan tema pernikahan. Saat kamu memiliki batas budget yang jelas, kamu bisa memilih tema mana yang kamu sukai dan bisa mencukupi budget yang dimiliki. Ada cukup banyak jenis tema pernikahan yang bisa dipilih dengan budget yang rendah, seperti tema berdasarkan warna atau tema menggunakan berbagai benda alami di outdoor, dan berbagai tema pernikahan lainnya yang tidak membutuhkan banyak perlengkapan dekorasi dengan biaya mahal.

3. Minta Pasangan Dan Kerabat Kamu Terlibat Dalam Persiapan Pernikahan

Sudah menentukan apa tema yang diinginkan? Sekarang kamu bisa mulai menyiapkan semua kebutuhan untuk perayaan pernikahanmu. Tapi jika semua itu hanya kamu sendiri yang mengurusi, pasti tidak akan bisa selesai tepat waktu. Cara mempersiapkan pernikahan dalam 1 bulan sangat mungkin dilakukan tanpa bantuan WO, asalkan kamu melibatkan pasangan dan kerabat dalam persiapannya. Bagi tugas ke pasanganmu dalam menentukan pilihan berbagai kebutuhan pernikahan. Jika ada kerabat yang mau dilibatkan, berikan mereka tanggung jawab untuk menyelesaikan proses booking yang sudah kamu terlebih dahulu periksa.

4. Siapkan Daftar Yang Harus Dilakukan Sebagai Panduan

Jika kamu sudah mendapatkan kesepakatan dengan pasangan dan kerabat untuk berbagi tanggung jawab dalam persiapan pernikahan, sekarang kamu harus buat daftar to-do-list setiap pekerjaan yang harus dilakukan. Jadi, karena kamu memilih cara mempersiapkan pernikahan tanpa WO, maka pengingatmu mengenai berbagai tugas yang harus dilakukan adalah berdasarkan catatan ini. Selalu periksa daftar kamu beberapa kali dalam sehari, untuk mengetahui pekerjaan mana yang sudah dilakukan, akan dilakukan, dan belum dilakukan.

5. Manfaatkan Relasi Untuk Membuat Persiapan Menjadi Lebih Mudah

Agar budget minim yang kamu keluarkan dalam menyiapkan pernikahan ini bisa terwujud, kamu harus memanfaatkan relasi. Relasi ini bisa berupa teman hingga temannya teman. Kamu bisa mencari tahu adakah kenalan kamu yang memiliki usaha rias pengantin, fotografi, hingga katering pernikahan. Cobalah negosiasi harga dan pelajari kualitasnya. Jika memang kualitas cocok dan harga lebih terjangkau, jangan ragu untuk memanfaatkan relasi ini untuk mencukupi berbagai kebutuhan kamu dalam pernikahan. Dengan begini, cara mempersiapkan pernikahan dengan budget minim pun akan terealisasi dengan baik.

6. Cari Pilihan Terbaik Dari Yang Ada (Untuk Baju Nikah, Make-Up, Tempat Nikah, Souvenir, Dsb

Pilihan terbaik tidak harus mahal. Karena ada banyak kebutuhan pernikahan yang harus disiapkan, mungkin akan membuat kamu malas mencari beberapa pilihan sebelum menentukan satu yang terbaik. Hal ini yang tidak boleh dilakukan dalam cara mempersiapkan pernikahan dalam 1 bulan. Walau waktunya sempit, kamu tetap harus memilih yang terbaik untuk baju nikah, make-up, tempat nikah, souvenir, dan berbagai kebutuhan lain. Bandingkan harga dan kualitas pada lebih dari 1 tempat. Jika kamu hanya melihat satu pilihan dan langsung menentukan, kamu akan melewatkan kesempatan menemukan pilihan terbaik lainnya.

7. Pilih Kerabat yang Bertanggung Jawab Penuh Di Hari H untuk Mengendalikan Jalannya Proses Pernikahan

Karena acara pernikahan kamu berjalan tanpa jasa dari WO, maka kamu adalah orang yang bertanggung jawab sejak awal persiapannya hingga akhir. Namun jangan lupakan bahwa pada hari H kamu harus bebas dari segala tanggung jawab dalam acara ini. Kamu harus memilih salah satu kerabat yang bisa diandalkan untuk mengamankan dan mengendalikan seluruh proses pernikahan. Kamu berikan arahan terlebih dahulu juga bisa, yang penting pernikahan kamu berjalan lancar dan kamu sebagai pengantin tidak perlu repot turun dari pelaminan hanya untuk memastikan berbagai halnya.




Itulah tadi 7 cara mempersiapkan pernikahan sendiri walau dengan budget minim dan tanpa wedding organizer. Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan apa saja yang harus dilakukan untuk membuat pernikahan kamu tetap bermakna walau diurus sendiri? Yuk silahkan pelajari sekali lagi cara mempersiapkan pernikahan tanpa WO dan segera ikat hubungan kamu dan pasangan dalam ikatan suci bernama pernikahan.

Bagaimana dengan kamu? Apakah punya cara lain mempersiapkan pernikahan sendiri? Yuk share di kolom komentar berikut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *