Anak Super Aktif? Atasi Dengan 5 Cara Cerdas Ini

FemaleRunway.com –¬†Anak Super Aktif? Atasi Dengan 5 Cara Cerdas Ini

Memiliki anak super aktif memang bukanlah hal yang menyenangkan. Kebanyakan orang tua akan kelelahan dan merasa jengkel dengan ulah mereka yang seolah tak pernah bisa diam. Namun, dibalik keaktifan mereka, sebenarnya kamu harus bangga lho. Kenapa? Karena anak yang aktif menandakan kecerdasan otak yang tinggi. Dengan kata lain, anak yang aktif adalah anak yang memiliki otak cerdas.



Namun, menjalani peran orang tua untuk mengasuh anak yang sedemikian aktif memang melelahkan. Hal ini akan berdampak pada tingkat kemarahan yang lebih tinggi karena mereka cenderung terlihat lebih “nakal”. Nah, bagi kamu yang tetap ingin mendidik anak dengan cara yang benar, maka disarankan untuk mengikuti 5 cara efektif di bawah ini.

1. Biarkan Dia Melakukan Hal Yang Disukainya

Anak yang super aktif tidak akan mempan untuk dilarang. Semakin kamu melarangnya maka ia akan bertindak semakin menyebalkan. Jadi hal yang sangat penting dan paling aman untuk membesarkannya dengan cara yang baik adalah membiarkannya. Biarkan dia melakukan hal apapun yang ia sukai. Entah itu menggambar, bermain balok susun dan hal lainnya. Tugas kamu sebagai orang tua hanyalah mengawasi dan membimbingnya jika mereka melakukan beragam kesalahan.

Membiarkan mereka melakukan hal yang mereka inginkan juga sangat penting bagi perkembangan bakatnya, lho. Anak aktif biasanya akan lebih berbakat ketimbang yang lainnya. Jika ia terlihat hobi mencorat coret kertas, maka cobalah sediakan kertas dan pensil warna. Lama-kelamaan mereka akan lebih terlatih dalam memilih dan menentukan kombinasi warna yang baik. Dengan begitu, mereka akan bisa mengasah talenta sesuai dengan minatnya.

2. Biarkan Mereka Membantu Pekerjaan Rumah

Selama tidak membahayakan, apa salahnya mereka juga ikut dalam pekerjaan rumah? Ini juga akan membantu membiasakan mereka belajar disiplin. Daripada mereka menghabiskan tenaganya untuk hal yang kurang berguna, akan lebih baik kamu mengajarkannya pekerjaan rumah. Misalnya saja membantu memasak di dapur. Kamu bisa meminimalisir kecelakaan di dapur dengan membiarkan mereka melakukan hal yang ringan yang tidak berhubungan dengan benda tajam maupun di dekat perapian.

Anak-anak pada umumnya akan lebih antusias melakukan hal yang baru termasuk dalam membantu kamu bekerja. Memecahkan telur misalnya, perhatikan dan berikan contoh yang benar. Mereka juga akan merasa sangat senang karena dilibatkan dalam pekerjaan harian denganmu, lho. Bagaimanapun, orang tua adalah tempat ternyaman bagi anak untuk diajak bermain. Dan membantu dalam pekerjaan rumah bisa menjadi lebih menyenangkan bila mengajak anak-anak untuk berpartisipasi.

3. Biarkan Mereka Bermain Di Luar Rumah

Kami tahu akan ketakutan membiarkan anak-anak untuk bermain diluar rumah. Namun, salah satu poin penting dalam mengatasi anak super aktif adalah dengan membiarkannya menjelajahi suasana dan lingkungan baru. Bukan berarti kamu membiarkannya bermain seharian di luar tanpa pengawasan. Namun, cobalah untuk mengajaknya bermain dipekarangan rumah maupun di taman. Ini akan membuat otak mereka kian terpacu dan akan menghasilkan pembelajaran baru.



Apalagi jika kamu sebagai orangtua menemaninya menemukan teman bermain lainnya. Anak aktif biasanya memiliki keinginan besar menjelajah sekitarnya dan akan sangat sulit untuk merasa kelelahan. Namun, di sisi lain mereka adalah golongan yang mudah beradaptasi dan mudah mempelajari hal yang baru. Oleh karena itu, bimbingan orang tua atau bagaimana cara orang tua mengatasi mereka adalah hal yang sangat menunjang pertumbuhan karakter sang anak.

4. Bantu Mereka Mendapatkan Hal Yang Mereka Sukai

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa anak yang aktif akan mencari tahu dan menginginkan hal yang baru. Otak mereka akan membuat mereka berpikir dan terus melakukan kegiatan tanpa terlihat pernah lelah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menstimulasi mereka. Caranya dengan memberikan beragam hal atau permainan atau apapun yang akan menarik minat mereka. Ini penting demi perkembangan minat dan bakat.

Cobalah perhatikan dan gali lebih dalam potensial mereka. Akan selalu ada potensi tersembunyi yang dimiliki oleh setiap anak yang akan sangat berguna jika kamu berhasil mengetahui dan mengembangkannya. Mengenalkannya dengan rangkaian teknologi misalnya. Ini juga baik, asalkan kamu tetap mengawasi dan mengetahui apa saja akses yang bisa didapatkan oleh anak tersebut.

5. Tidak Masalah Membiarkan Mereka Bermain Hingga Kelelahan

Hal lain yang sangat dianjurkan dalam mengatasi anak super aktif adalah membiarkan mereka melakukan apapun hingga mereka merasa kelelahan. Bisa dengan cara membiarkannya bermain seharian atau membiarkannya melakukan pekerjaan rumah. Kehabisan energi akan membantu mereka beristirahat dan pada umumnya anak tersebut akan langsung tertidur. Namun, jangan lupa untuk mengingatkan mereka agar memakan makanan mereka. Ini adalah tidakan pencegahan untuk memastian gizi cukup walaupun mereka kelelahan dan beristirahat.

Jika memungkinkan, cobalah buatkan tempat bermain yang aman untuknya. Nantinya, tempat ini bisa menjadi tempat di mana mereka bisa bermain sesukanya tanpa mendapati beragam gangguan berarti. Karena ini akan memudahkan mereka untuk menghabiskan tenaganya tanpa menganggu aktifitas kamu juga, kan?



Pada dasarnya, anak adalah anugerah yang harus disyukuri. Apapun jenis kelakuan dan tingkah laku anak harus disikapi dengan baik. Yang terpenting dalam kasus anak aktif ini adalah untuk tidak memarahi apalagi melakukan kekerasan kepadanya. Pahami bahwa anak aktif adalah anak yang haus akan pengetahuan. Jadi tugasmu adalah membimbing dan mengajari mereka hal yang benar. Sudah siapkah mengaplikasikannya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *