Anti Panik! Ini 10 Tips Mempersiapkan Persalinan Untuk Para Moms!

FemaleRunway.com – Anti Panik! Ini 10 Tips Mempersiapkan Persalinan Untuk Para Moms!

Sejak awal masa kehamilan pertama, seorang calon ibu sudah menghadapi berbagai tantangan yang menyulitkan hati dan pikiran. Namun, tak berhenti disitu saja, menjelang proses persalinan, biasanya datang kembali kekhawatiran baru bagi perempuan yang baru pertama kali melalui proses persalinan. Termasuk kekhawatiran mengenai cara mempersiapkan proses persalinan yang harus dilalui kelak. Tak perlu panik, berikut tips mempersiapkan persalinan dan cara mempersiapkan persalinan secara normal yang bisa dipelajari!



1. Pelajari Berbagai Jenis dan Teknik Persalinan. Kemudian, Diskusikan dengan Pasangan ya, Moms!


Moms, jenis dan teknik persalinan itu ada banyaknya, lho. Selain hanya dibagi berdasarkan normal dan operasi caesar, ada juga macam-macam teknik persalinan normal. Misalnya seperti hypnobirthing yang sedang populer saat ini. Jika Moms tertarik, tidak perlu khawatir dengan bagaimana prosesnya. Cukup pelajari yang mana yang paling sesuai dengan Moms dan diskusikan dengan Dads untuk mendapatkan dukungan.

2. Rencanakan Bagaimana Proses Persalinan yang Moms Harapkan dan Diskusikan juga dengan Dokter Kandungan

Selanjutnya, setelah menentukan apa jenis cara bersalin yang Moms harapkan, Moms harus mendiskusikannya juga dengan dokter kandungan. Misalkan Moms memilih persalinan normal, maka mintalah dokter mendukung dan mengedukasi berbagai cara mempersiapkan persalinan normal ini dengan baik. Semakin lengkap informasi yang Moms ketahui terkait cara mempersiapkan proses persalinan, semakin tenang dan siap pula Moms menghadapinya nanti.

3. Daftarkan Diri Mengikuti Latihan Prenatal Yoga, Senam Hamil, dan Kelas Pasangan Menghadapi Kelahiran Anak

Tidak cukup hanya mempersiapkan fisik saja saat akan melalui proses persalinan. Fisik bisa Moms latih dengan prenatal yoga atau senam hamil. Akan tetapi bagaimana dengan cara mempersiapkan mental menjelang persalinan? Yoga memang bisa memberikan efek ketenangan, namun akan lebih baik lagi jika Moms dan pasangan mengikuti kelas pasangan dalam rangka mempersiapkan mental menjelang persalinan. Dalam kelas ini, Moms dan pasangan akan diberikan pengajaran mengenai apa yang harus dipersiapkan, bagaimana tetap tenang dan tidak panik saat tanda persalinan mulai muncul, dan banyak lagi informasi lainnya.

4. Lakukan Juga Latihan Tubuh di Rumah Sebagai Persiapan Persalinan

Biasanya jenis latihan tubuh seperti prenatal yoga dan senam kehamilan dilakukan di waktu pelaksanaan kelasnya di luar rumah. Namun berbagai gerakan dan latihan tubuh yang sudah Moms pelajari itu, yang ringan dan mudah, bisa Moms lakukan juga di rumah. Hal ini akan sangat signifikan membantu Moms mempersiapkan stamina dalam menghadapi proses persalinan. Juga bisa membuat pikiran lebih tenang dan tidak panik, karena tahu sudah melakukan persiapan yang maksimal.

5. Saat Kontraksi Mulai Muncul, Stabilkan Sistem Pernafasan ya, Moms!

Moms yang ingin melakukan persalinan normal, perlu tahu bahwa nafas adalah kunci proses persalinan bisa berjalan dengan maksimal. Itulah sebabnya salah satu cara mempersiapkan persalinan normal adalah dengan selalu melatih nafas tetap stabil. Melatih nafas tetap stabil ini bisa dilakukan dengan melalui latihan rutin, atau bisa juga dengan membiasakan sendiri. Saat kontraksi mulai muncul, cobalah mulai tarik dan lepas nafas secara teratur ya, Moms.

6. Belajar Melatih Suara Teriak agar Bisa Dikendalikan Saat Proses Persalinan

Tidak kalah penting, cara mempersiapkan persalinan secara normal berikutnya adalah dengan mengendalikan suara. Terlalu sering berteriak histeris ternyata memberikan efek negatif selama proses persalinan. Jika ingin mengekspresikan rasa sakit yang Moms alami saat persalinan, cobalah lakukan dengan teriakan vibrasi. Hal ini menjadi salah satu cara mempersiapkan persalinan secara normal yang paling efektif. Jadi tenaga yang biasanya dihabiskan untuk berteriak histeris bisa disimpan untuk mengedan saat sudah waktunya nanti.

7. Perbanyak Istirahat, Moms. Jika Waktu Persalinan Belum Tiba, Tidurlah!

Perlu diketahui juga bahwa kontraksi menuju persalinan bisa memakan waktu berjam-jam. Jadi, tips mempersiapkan persalinan yang dibutuhkan berikutnya adalah berikan waktu untuk istirahat. Bahkan jika memungkinkan perbanyak istirahat ya Moms. Waktu persalinan bisa memakan proses berjam-jam. Hindari terus terjaga dan tidak tidur hanya karena merasa panik dan tidak bisa mengendalikan ketenangan pikiran. Dengan istirahat seperti tidur, Moms bisa memiliki tenaga yang kembali penuh untuk melalui proses persalinan.

8. Jalani Prosesnya dengan Nyaman dan Tenang

Kunci utama melalui proses persalinan adalah mental yang nyaman dan tenang. Itulah mengapa seperti sebelumnya telah dijelaskan, berbagai cara mempersiapkan mental menjelang persalinan memang tidak kalah penting. Jika kamu sudah mencoba mengikuti berbagai latihan dengan maksimal, maka cobalah lakukan cara mempersiapkan mental menjelang persalinan sendiri. Sugesti diri sendiri bahwa proses persalinan akan berjalan lancar dan tanpa hambatan. Ingatkan diri berulang kali hingga terasa nyaman dan tenang sampai persalinan selesai.

9. Selalu Abadikan Momen Sebelum, Saat, dan Setelah Persalinan Berhasil Dilakukan

Jangan lupakan dokumentasi selama persalinan. Mungkin kamu akan melewatkan berbagai ekspresi dirimu atau orang disekitarmu selama persalinan dilakukan. Namun dengan adanya pengabadian momen oleh orang yang sudah kamu siapkan, pastinya persalinan ini akan terasa berkesan. Cara mempersiapkan proses persalinan agar bisa diabadikan adalah dengan mengambil gambar baik oleh tenaga profesional atau kerabat yang kamu percayakan.

10. Manfaatkan Proses Persiapan Persalinan Menjadi Pengerat Hubungan Moms dengan Dads

Terakhir, tips mempersiapkan persalinan agar menjadi lebih berarti adalah dengan memanfaatkan setiap prosesnya sebagai pengerat hubungan antara Moms dan Dads. Selalu ingat bahwa pasangan Moms adalah laki-laki yang bersedia menemani Moms selama masa-masa panik tersebut. Hingga akhirnya buah hati berhasil dilahirkan, Moms pun akan menangis bersamanya. Cara mempersiapkan persalinan seperti ini akan membuat hubungan Moms dan Dads akan semakin erat.




Demikianlah penjelasan mengenai berbagai tips mempersiapkan persalinan yang akan sangat membantu Moms selama prosesnya. Setelah mengetahui apa saja cara mempersiapkan proses persalinan dengan baik, kini proses persalinan tidak terlihat terlalu menakutkan lagi bukan? Jadi jangan panik lagi ya, Moms. Persalinan akan bisa dilalui dengan berhasil dan tanpa kendala berarti jika Moms yakin dan memanfaatkan tips yang dijelaskan di atas dengan maksimal. Selamat menanti kelahiran si buah hati ya Moms!

Apakah Moms punya tips mempersiapkan persalinan yang tidak kalah bermanfaat, yuk share di komentar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *