Begini Tips Menjenguk Teman Yang Baru Saja Melahirkan, Jangan Asal Jenguk ya!

FemaleRunway.com – Begini Tips Menjenguk Teman yang Baru Saja Melahirkan, Jangan Asal Jenguk ya!

Semua orang akan merasakan bahagia saat kerabat atau keluarganya melahirkan. Niat hati pun tak kuasa untuk mengucapkan selamat dan melihat sosok bayi mungil yang baru lahir ke dunia itu. Menjenguk teman atau keluarga yang baru melahirkan ini pastinya langsung diagendakan dengan mempersiapkan kado dan mengajak kerabat lain untuk turut hadir menjenguk.



Tentu sangat menyenangkan bisa berbagi kebahagiaan dengan teman ketika mendapati persalinannya lancar dan melahirkan bayi lucu nan menggemaskan. Tapi, jangan buru-buru menjenguk teman yang baru melahirkan sebelum kamu memahami tips dan etika berikut ini. Catat ya!

1. Perhatikan Terlebih Dahulu Waktu Menjenguk

Ada baiknya kamu tidak menjenguk teman yang baru melahirkan sehari setelah proses persalinan. Ingat jika ibu melahirkan butuh istirahat dan perawatan khusus sehingga akan sangat merepotkan jika harus menerima kehadiran tamu untuk menjenguk. Apalagi jika ibu dan bayi masih berada di rumah sakit dan belum pulang ke rumah.

Jadi, sebaiknya tunggu kabar setelah ibu dan bayi pulang ke rumah dengan sehat. Biarkan keluarga punya waktu untuk mempersiapkan perlengkapan bayi baru di rumah dan ibu siap untuk menerima kehadiran rekan-rekan untuk menjenguk dan mengucapkan selamat pada kehadiran bayi barunya.

2. Cari Tahu Kondisi Bayi dan Ibu

Setelah mendengar kabar bahagia dari teman yang baru melahirkan, tanyakan lebih lanjut tentang kondisi ibu dan bayinya. Bisa jadi sang ibu melahirkan dengan cara Caesar sehingga butuh waktu istirahat lebih dibandingkan dengan proses persalinan normal. Cari tahu juga apakah ibu baik-baik saja setelah persalinan atau ada masalah. Begitu juga dengan sang bayi yang hendak dijenguk.

Dapatkan informasi terkini mengenai keadaan bayinya mulai dari kondisi kesehatan dan riwayat persalinan. Ini akan membuat kamu jadi tahu kondisi si bayi yang ternyata harus mendapatkan perawatan atau hal-hal lainnya. Setelah mengetahui dengan pasti kondisi ibu dan bayi siap untuk dijenguk, maka kamu sudah bisa membuat janji kapan akan datang mengunjunginya.

3. Hindari Mengajak Anak-Anak

Setelah kondisi ibu dan bayi nyaman di rumahnya, kamu bisa langsung datang bersama rekan-rekan yang lain. Tapi, hindari membawa anak kecil untuk membuat suasana rumah tidak gaduh dan ramai. Bayi baru lahir butuh istirahat yang cukup sehingga akan sangat mengganggu jika ada anak-anak yang ikut menjenguk. Ditambah lagi sang ibu dan pihak keluarga juga akan lebih repot menyambut dan memberi suguhan untuk tamu anak-anak dibandingkan dengan tamu orang dewasa.

4. Bawalah Kado Yang Bermanfaat

Sudah menjadi tradisi bahwa setiap menjenguk bayi baru lahir harus membawa kado atau bingkisan untuk sang bayi dan ibunya. Jika kamu juga mempersiapkan bingkisan, alangkah baiknya untuk memilih barang-barang yang bermanfaat bagi ibu dan buah hatinya. Kalau bisa barang-barang yang diberikan adalah barang-barang bermanfaat yang bisa langsung digunakan saat itu juga saat bayi masih kecil, misalnya seperti popok, baju bayi, atau kebutuhan bayi lainnya.

Hindari memberikan benda-benda yang kemungkinan baru akan dipakai setahun kemudian. Selain tidak langsung digunakan, sang ibu akan kerepotan untuk menyimpan barang-barang tersebut di tempat yang aman dan benar mengingat memiliki bayi baru membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra ketat. Kurangi beban sang ibu dan keluarga dengan memberikan barang bermanfaat dan bisa dipakai saat itu juga oleh si bayi atau sang ibu.



Setelah mengetahui tips di atas, kamu jadi bisa lebih bersiap-siap untuk menjenguk teman yang baru saja melahirkan. Selain itu kamu jadi lebih menghargai privasi dan memahami keribetan temanmu yang baru saja punya momongan untuk lebih mempersiapkan diri dalam menjamu para tamunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *