Ingin Move On Dari Mantan? Jangan Lakukan 5 Kesalahan Fatal Ini

FemaleRunway.com – Ingin Move On Dari Mantan? Jangan Lakukan 5 Kesalahan Fatal Ini

Putus adalah hal yang mungkin akan dihindari dan tidak diinginkan oleh semua orang. Ketika menjalin sebuah hubungan, pasangan manapun akan menginginkan sebuah hal yang berjalan dengan baik. Namun, cerita cinta di dunia nyata terkadang tak seindah kisah di negeri dongeng. Ada banyak masalah mulai dari hal kecil hingga kesalahan fatal yang menyebabkan kandasnya hubungan percintaan.



Tidak ada yang ingin disakiti maupun tersakiti. Namun, jika kamu sedang mengalami fase dimana semuanya berjalan dengan kurang baik. Maka kamu harus menentukan langkah yang tepat. Dan jika sedang berusaha untuk move on dari mantan, kamu juga perlu beberapa hal untuk diketahui. Karena ada banyak orang yang gagal akibat melewatkan beberapa aturan penting berikut ini.

1. Menyalahkan Diri Sendiri Tidak Akan Menyelesaikan Masalah

Terkadang, kita menyalahkan diri kita sendiri ketika sebuah hubungan berakhir dengan sesuatu yang tidak diharapkan. Tak jarang banyak orang yang cenderung menyalahkan dirinya sendiri atas berakhirnya hubungan asmara. Ini adalah hal yang manusiawi. Namun, menyalahkan diri secara berlebihan juga bukanlah hal yang baik. Intropeksi diri kita, kesalahan dalam hubungan tidak hanya disebabkan oleh sepihak. Ada banyak hal yang menyebabkan kandasnya hubungan asmara.

Menyalahkan diri sendiri tidak disarankan untuk dilakukan secara terus menerus. Bahkan, setiap hubungan akan selalu berakhir entah karena kematian atau pengkhianatan. Jadi, jangan terlalu bersedih dan menyalahkan diri kamu sendiri. Tetap optimis dan percayalah bahwa selalu ada hal baik terhadap apapun yang terjadi. Karena dengan selalu menyalahkan diri sendiri akan berdampak buruk pada mental kamu, lho. Kamu akan merasa tidak percaya diri dan akan terjerumus didalam lembah penyesalan yang kian dalam.

2. Berteman Dengan Mantan Tidak Dilarang, Tapi Kamu Harus Lebih Profesional

Tidak ada salahnya untuk tetap berteman dengan sang mantan setelah kalian memutuskan untuk menjalani kehidupan masing-masing. Namun, bagi kamu yang baru ingin move on dari mantan, sebaiknya jaga jarak dulu deh ya! Jangan terlalu dekat. Kalaupun kamu tidak bisa sepenuhnya berhenti komunikasi dengannya, maka dikurangi saja berhubungan dengannya.

Di sisi lain, sebagian orang mungkin memiliki alasan tersendiri. Dimana mereka tidak bisa menjauhi sang mantan walaupun telah putus. Ini bisa disebabkan oleh faktor pekerjaan, keluarga dan lain sebagainya. Tapi menjauhi dia sementara waktu adalah keputusan yang baik. Ini akan membantu kamu untuk membiasakan diri tanpa kehadirannya dan mulai menata kehidupan yang baru.

3. Jangan Mengurung Diri Cobalah Untuk Bersenang-Senang dan Lakukan Hal Baru

Menyalahkan diri sendiri saat baru putus dari pasangan adalah hal yang sebaiknya dihindari, apalagi mengurung diri. Jangan menutup hatimu hanya karena sebuah hubungan berakhir. Ingatlah bahwa sesuatu yang berakhir akan digantikan dengan yang baru. Jadi, persiapkan hatimu untuk dia yang lebih baik nantinya. Bukan berarti kamu harus langsung memiliki pasangan setelah kamu putus ya…



Tapi, setidaknya jangan menutup diri untuk siapapun yang berhak mengenalmu lebih jauh. Bersenang-senanglah, habiskan waktumu bersama keluarga dan sahabat. Kunjungi beragam tempat yang menarik dan nikmati keindahannya. Syukuri hal terkecil yang masih kamu miliki saat ini dan tersenyumlah! Kamu tak pernah tahu siapa yang akan terpukau oleh senyuman itu.

4. Dilarang Kepo dan Nge-Stalk Mantan!

Hilangkan kebiasaan ngstalking mantan ya! ini adalah salah satu faktor fatal yang bakalan ngebuat kamu gagal move on dari dia. Masa-masa move on adalah masa di mana kamu harus menata hati dan pikiran. Namun, kamu nggak akan bisa fokus menata dirimu kalau duniamu hanya terpusat pada sang mantan. Bila kamu merasa berat untuk nggak ngepoin dia, maka cobalah untuk terlebih dahulu block semua pertemanan kamu di media sosial bersamanya.

Hal ini juga berlaku untuk keluarganya dan teman-temannya. Kenapa? Karena kamu bakalan ngelihat aktifitas dia dari mereka, bukan? Jujur saja, akan ada banyak alasan dimana kamu menjadi sakit hati setelah ngestalk dia. Lebih baik kamu untuk sementara waktu tidak tahu menahu tentang apapun yang terjadi padanya.

5. Jangan Selalu Mengingat Kenangan Bersama Dirinya

Namanya juga mantan, pasti bakalan banyak kenangan yang tersimpan bersamanya. Apalagi jika kamu dan dia sudah menjalin hubungan asmara bertahun-tahun. Kamu memang nggak bakalan bisa langsung melupakan semua kenangan begitu saja. Semua tidak akan bisa dilupakan memang. Akan selalu ada beberapa kenangan yang akan tetao disana tidak peduli seberapapun usahamu menghapusnya.

Hanya saja, kamu bisa mengantisipasi masalah yang diakibatkan untuk tidak mengenang masa lalu bersamanya. Caranya? Mudah kok. Kamu tinggal menjauhi hal-hal yang berhubungan dengan “kalian” dan “dirinya”. Jika kamu tidak ingin membuang barang-barang pemberiannya maka sembunyikanlah. Jangan pergi ke tempat dimana kalian sering nongkrong atau memutar lagu galau. Mudah, bukan? Jadi, jangan ulangi kesalahan yang sama, ya!



Putus memang akan menyebabkan banyak masalah dan pada akhirnya menyebabkan seseorang sulit move on dari mantan. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Ikuti segala poin yang dilarang di atas dan kamu akan membuktikan bahwa move on tidak seberat perkiraanmu. Tetap kuat dan konsisten, ya guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *