Sering Dilakukan! Hindari 5 Kesalahan Dalam Memandikan Bayi Berikut Ini

FemaleRunway.com – Sering Dilakukan! Hindari 5 Kesalahan Dalam Memandikan Bayi Berikut Ini

Memiliki bayi adalah hal yang sangat membanggakan, apalagi bagi ibu yang baru pertama memiliki anak. Tak jarang orang tua akan melakukan hal apapun untuk bayi mereka. Bahkan, memastikan sang anak agar berada dalam keadaan bersih dan sehat. Salah satu hal sederhana yang sering dilakukan untuk kebersihannya adalah aktifitas memandikan bayi tersebut.



Namun, tak jarang banyak orang tua yang melakukan kesalahan dalam memandikan bayi yang akan kita bahas dalam artikel FemaleRunway.com kali ini. Walaupun kelihatannya simpel, namun tata cara memandikan bayi merupakan hal yang vital dan sangat penting diketahui agar para bayi tidak mendapatkan perawatan yang salah. Nah, agar tidak salah menangani bayi saat mandi, jangan melewatkan satu poin pun dalam penjelasan di bawah, ya!

1. Terlalu Sering Memandikan Bayi

Tentunya menjaga dan memastikan bahwa bayi tidak menderita apapun yang akan menyakitinya adalah keharusan orang tua, termasuk menjaga kebersihan. Mandi sangat identik dengan masalah kebersihan dan banyak orang tua akan memahami dan mengerti akan hal ini. Namun, ada salah satu poin yang salah akan memandikan bayi. Para orang tua cenderung berlebihan dalam menyingkapi kebersihan bayi mereka. Tak salah memang, karena mandi dilakukan untuk menjaga bayi agar tetap bersih.

Tapi, kamu juga harus tahu bahwa bayi yang terlalu sering dimandikan akan memberikan dampak negatif. Dampak ini berupa kulit bayi yang akan mudah menjadi kering. Kekeringan dari kulit bayi ini sendiri akan menyebabkan serangkaian masalah kulit yang tidak menyenangkan. Misalnya saja, bayi akan mudah merasa gatal akibat kulit yang kering dan bersisik. Menyebalkan, bukan? Jadi, usahakan untuk jangan terlalu sering memandikan bayi kamu ya.

Hal lainnya yang cenderung dilupakan orang tua saat memandikan bayi mereka adalah tidak menyadari bahwa bak mandi licin. Ini akan berbahaya tidak bagi bayi saja, namun bagi orang tua yang memandikan. Usahakan memeriksa dengan benar terlebih dahulu. Menghindari kesalahan dan kecelakaan sangatlah penting daripada menyesalinya. Sepakat?

2. Tidak Menggunakan Sabun Untuk Bayi

Kamu harus tahu bahwa kulit bayi adalah kulit yang amat sensitif. Oleh karena itu, diperlukan beragam hal termasuk produk mandi yang pas dan cocok untuk digunakan pada kulit bayi. Jangan sembarangan menggunakan produk untuk bayi, lho. Bisa-bisa kamu akan menyebabkan beragam hal seperti iritasi dan reaksi alergi yang akan menyiksa sang bayi. Begitu juga dengan masalah mandi. Peralatan mandi seperti sabun atau sampo, harus dipilih dan digunakan dengan benar.

Terutama untuk para bayi, dimana kita ketahui bahwa produk bayi memiliki kandungan yang berbeda dengan produk remaja maupun dewasa. Produk bayi biasanya tidak akan memberikan efek perih dan busa yang berlebihan di kulitnya. Inilah mengapa disarankan menggunakan produk seperti sabun yang tepat. Jangan menggunakan sabun yang kamu pakai kepada mereka. Lihatlah label produk yang akan digunakan sebelum bersentuhan dengan kulit bayi.

3. Tidak Mengetahui Waktu Mandi Yang Tepat

Bayi hanya akan merespon apapun dengan tangisan maupun tawa dan senyuman. Jadi, kamu tidak akan pernah tahu feedback dari mereka saat menggunakan atau melakukan sesuatu terhadapnya. Namun, ketahuilah bahwa terlalu sering memandikan bayi bukanlah ide yang baik. Ini akan membuat kulit mereka menjadi mudah kering dan akan menimbulkan beragam masalah kulit lainnya. Jadi sangat disarankan agar kamu bisa menghindari mengulangi lagi kesalahan dalam memandikan bayi ini.

Kulit kering tidak hanya menyebabkan gatal-gatal, namun juga akan memberikan reaksi alergi seperti bintik kemerahan. Dan, bagaimana reaksi bayi? Mereka hanya akan menangis tanpa memberitahukanmu apa yang menyebabkan hal tersebut. Pastinya orangtua manapun nggak bakalan mau dong ya, menjadi salah satu sumber utama yang menyebabkan bayi menjadi menderita? Jadi, pastikan kamu tidak memandikannya pada saat yang salah ya. Misalnya, saat disaat bayi sedang tidak enak badan, demam dan infeksi. Apalagi jika berat sang bayi masih di angka 2 hingga 5 kg. Lebih disarankan untuk melakukan metode lap basah hangat untuk membersihkan bayi tersebut.

Perhatikan juga masalah cuaca. Ketika cuaca dingin, perhatikan lebih ekstra karena bayi yang kedinginan setelah mandi akan menyebabkan beragam masalah. Gejala hipotermia atau turunnya suhu basal tubuh biasanya akan muncul ketika tubuh tidak kuat dengan cuaca yang terlalu dingin. Sehingga akan membuat tubuh manusia dewasa menjadi kesulitan dalam menormalkannya kembali. Itu untuk orang dewasa. Apalagi bayi yang tidak bisa mengungkapkan apa yang mereka rasa. Jadi, sangat tidak disarankan memandikan bayi tanpa memperhatikan dan mengetahui kondisi kesehatan mereka.

5. Menggunakan Sampo Yang Salah

Seperti saat menggunakan produk sabun, bayi harus menggunakan sampo yang berlabel “untuk bayi” dengan kandungan khusus yang aman untuk kulit bayi yang masih sensitif. Ini akan menjaga kulit area kepala mereka lebih terlindungi dan terjaga. Karena paparan zat kimia yang salah akan membahayakan mereka dan tentunya kulit yang bersentuhan secara langsung. Jangan anggap sepele dalam memilih dan menggunakan sampo untuk bayi.

Karena pada dasarnya, sampo yang dirancang khusus untuk bayi akan sangat ramah untuk kulit sensitif mereka. Selain itu, sampo yang ramah bayi juga tidak akan menyebabkan iritasi mata saat terkena bagian sekitar mata. Tentu saja kita tahu bahwa bayi akan lebih banyak bergerak dan menyebabkan busa sampo menjalar kemana-mana saat dimandikan. Untuk itulah diperlukan sampo bayi agar keamanan dan kenyamanan bayi selalu terjaga saat dimandikan oleh orangtuanya.



Nah, demikianlah daftar 5 kesalahan dalam memandikan bayi yang kerap kali terjadi. Setelah memahami dan membaca artikel ini, jangan lagi mengulangi kesalahan yang sama, ya! Karena ini bertujuan untuk mengedukasi para orang tua dalam masalah perawatan bayi yang baik dan benar dan menghindari beragam kesalahan. Happy parenting ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *