Ternyata Ini Faktor yang Menyebabkan Kemandulan Pada Perempuan, Cari Tahu, Yuk!

FemaleRunway.com – Ternyata Ini Faktor yang Menyebabkan Kemandulan Pada Perempuan, Cari Tahu, Yuk!

Hamil dan melahirkan merupakan fase yang sangat ditunggu-tunggu oleh para perempuan, karena proses ini tentu sangat menakjubkan dan membahagiakan. Ada beberapa perempuan yang langsung menginginkan kehamilan setelah menikah, namun ada juga yang menundanya beberapa lama setelah menikah karena suatu alasan. Disamping itu, ada juga perempuan yang sudah menikah bertahun-tahun namun masih sulit hamil meskipun sudah mengupayakan banyak hal.



Sebenarnya kesulitan memiliki anak ini tidak selalu dikarenakan perempuan mengalami kemandulan, bisa saja terjadi karena kurang baiknya kesehatan reproduksi pasangan atau masalah lain yang kesemuanya harus dibuktikan secara medis. Namun, sebaiknya kamu perlu mengetahui beberapa alasan yang menyebabkan kemandulan pada perempuan berikut ini.

1. Adanya Gangguan Ovulasi Yang Menyebabkan Sulit Hamil

Faktor pertama yang menyebabkan kemandulan pada perempuan adalah terganggunya ovulasi atau pembuahan. Perempuan normal dan sehat memiliki siklus ovulasi yang teratur sehingga mudah dibuahi oleh sperma pada saat terjadi pembuahan. Namun sebaliknya, perempuan yang sulit hamil atau mandul memiliki siklus ovulasi yang kacau sehingga menyulitkan terjadinya pembuahan. Biasanya, hal ini terjadi karena hormon reproduksi bermasalah atau terjadi masalah pada ovarium.

2. Memiliki Berat Badan Yang Tidak Ideal

Perempuan yang memiliki berat badan tidak ideal atau dibawah rata-rata juga kerap mengalami sulit hamil, lho. Kemandulan juga bisa terjadi pada perempuan yang mengidap penyakit anoreksia atau bulimia. Jadi, buat kamu yang sedang melakukan diet ketat sebaiknya waspada ya, karena jika berat badan dibawah rata-rata justru bisa menyebabkan reproduksi menurun. Sebaliknya, kegemukan juga mengakibatkan kemandulan karena adanya tumpukan lemak tak baik pada tubuh. Jadi, usahakan untuk memiliki pola hidup sehat dengan diet yang seimbang supaya berat badan ideal ya!

3. Rokok Dan Alkohol Yang Sering Dikonsumsi

Rokok rupanya juga bisa menjadi faktor penyebab kemandulan pada perempuan. Ketika perempuan sudah berhasil hamil sekalipun, rokok juga tetap memicu terjadinya keguguran dan faktor resiko lain pada bayi dan ibu hamil. Tak hanya rokok, alkohol juga memicu terjadinya kemandulan dan kesulitan hamil pada perempuan. Jadi, selama merencanakan kehamilan dan setelah hamil, hindari rokok dan alkohol ya!

4. Seiring Bertambahnya Usia, Kesuburan Perempuan Pun Ikut Menurun

Usia juga sangat berpengaruh terhadap subur atau tidaknya seorang perempuan. Ketika menginjak usia 35 tahun keatas, perempuan akan jauh lebih sulit hamil dibandingkan usia dibawahnya. Terlebih di usia 40 tahun, kesuburan perempuan akan menurun secara drastis. Kurang suburnya perempuan di usia lebih ini juga dipengaruhi oleh jumlah dan kualitas sel telur yang mengalami penurunan di usia lanjut serta masalah kesehatan lain yang mempengaruhi reproduksi.

5. Adanya Kelainan Pada Bagian Rahim Atau Uterus

Selain 4 faktor diatas, ada juga faktor lain yang menyebabkan kemandulan yaitu adanya kelainan pada rahim atau uterus. Kelainan ini banyak macamnya, mulai dari polip atau miom, terbentuknya jaringan parut pada rahim, kelainan rahim bawaan lahir, adanya penyempitan serviks, sampai serviks yang tidak menghasilkan lendir sehingga sperma sulit masuk ke dalam rahim. Tapi ingat, semua kelainan tersebut harus diperiksa dan diagnosa oleh dokter terlebih dahulu ya untuk memastikannya.



Itu dia beberapa penyebab kemandulan yang terjadi pada perempuan. Meskipun banyak faktor yang mengakibatkan kemandulan, kamu harus memastikan terlebih dahulu kondisi fisik dan rahim ke dokter spesialis terlebih dahulu. Biar dokterlah yang menegakkan diagnosa agar penyebabnya jelas dan semuanya bisa tertangani dengan baik.

Yuk share pengalamanmu saat hamil agar perempuan lainnya bisa belajar dari pengalamanmu! Tulis di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *